Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Bandung




"* Barudak STAIPI Bandung,BerFilsafat Bersama Dosen FalSafaH IlMu *"

Minggu, 03 Juli 2011

Motor mogok

Oleh:
Nama : Hidayat
Jurusan : PAI
Semester : IV




Berikut ini adalah sebuah hasil wawancara penulis yang dilaksanakan untuk memenuhi tugas mata kuliah filsafat ilmu.
Wawancara ini bermula dari sebuah kepanasaranku atas motor tuaku yang sering mogok dan seringnya motor tuaku itu masuk keluar bengkel. Dari semua kejadian itu terbersit dipikiranku sebuah pertanyaan, kenapa motorku sering mogok? Maka mulailah ku berbincang dengan temanku yang berpropesi sebagai montir dan sekaligus orang yang membetulkan motorku. Dia menjelaskan tentang sebab kenapa motorku sering mogok. Berikut jawaban sang montirku:
- sebenarnya banyak sekali yang bisa menyebabkan motorku itu sering mogok, bisa karena bensinnya yang habis, bisa dari perapiannya, bisa dari karbulator dll.
- Kalu dari perapian, biasanya dikarenakan tidak lancarnya perapian, lemahnya spul, matinya cda atau karena businya gosong atau terkena air.
Dari paparan diatas kemudian dia menjelaskan tentang ciri-ciri apabila ada kesalahan dalam perapian, berikut paparannya:
- Apabila spul yang lemah, maka biasanya motor yang mogok bisa hisup lagi apabila di dorong sambil memasukan porseneling (digejlokeun) namun tetap tidak akan lama dan akan mati lagi.
- Apabila cdi yang mati, maka motor akan mati mendadak dan tidak akan hidup
- Apabila busi yang mati atau gosong, maka motor tidak akan hidup dan tidak ada listrik yang mengalir.
Selain cirri-ciri yang telah dipaparkan diatas, maka berikut adalah cara-cara penanganan dan mengecek kerusakan:
- Jika yang yang lemah spul, maka cara mengceknya yaitu dengan distarter atau diselah, biasanya akan hidup namun akan mati kembali, atau didorong sambil memasukan porseneleng, cara penanganannya yaitu dengan cara menambah lilitan spul atau menggantinya dengan yang baru.
- Jika cdi yang mati, maka cara mengeceknya yaitu dicoba distarter atau di selah, jika sama sekali tidak hidup maka ini mutlak harus diganti.
- Apabila busi yang mati atau gosong, biasanya dicek dengan cara dibuka dulu dan dicoba desela dan dilihat apakah ada listrik yang mengalir atau tidak, jika tidak ada listriknya maka dicoba di bersihkan atau dihamplas bagian yang gosongnya atau lalu dicoba kembali, jika masih tidak ada maka busi mati, dan mesti diganti.
Demikianlah hasil perbincangan atau wawancara yang kulakukan atas dasar kepenasaranku atas motor tuaku yang sering mogok. Sebenarnya masih banyak penyebabnya, namun inilah yang terjadi pada motor yang sering mogok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ayow Terus Tingkatkan Ilmumu, Jangan Pernah Menyerah, Gali potensimu Untuk mendapatkan Apa yang kamu Mau !!!