Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Bandung




"* Barudak STAIPI Bandung,BerFilsafat Bersama Dosen FalSafaH IlMu *"

Jumat, 24 Juni 2011

Resensi buku Life of pie

Resensi
Buku life of pi
Di ajukan untuk memenuhi salah satu tugas filsafat ilmu
oleh pak, Rosihan Fahmi



Oleh : Ismiyati Khoerani
Smster : IV (empat)
Fak/jur : Tarbiyah/ Pendidikan Agama Islam

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PERSATUAN ISLAM
BANDUNG, Tahun 20011
hari itu adalah hari Selasa yang menyenangkan ketika aku berkunjung ke kamar kos kawaanku di daerah Kaliurang, dimana aku menemukan buku ( lebih tepatnya melihat, karena buku itu tidak hilang sebelumnya ) yang sangat menarik perhatian ku. of Pi, kisah hidup Pi. karangan penulis dari Kanada, Yann Martel. Semula aku mengira novel ini bercerita tentang seorang anak Cina ( Pi adalah nama marga Cina bukan?? ) tetapi aku salah, buku ini bercerita tentang anak India. Anak India berusia 16 tahun yang terapung selama 227 hari diatas sebuah sekoci karena kapal yang ditumpanginya tenggelam di samudera Pasifik. Lebih menarik lagi karena hanya dirinyalah satu-satunya manusia dalam sekoci tersebut, namun bukan satu-satunya penumpang, sekoci itu juga memuat harimau royal Bengal seberat 225 kg, yang siap memangsanya kapan saja.
Perjuangan Pi untuk bertahan hidup melawan ganasnya samudra pasifik sekaligus mengatasi masalah lain dengan kehadiran seekor harimau dalam sekocinya dikemas apik dan dengan gaya bahasa yang sangat mirip dengan bahasa seorang remaja berusia 16 tahun yang lugu namun cerdas. Pi berada dalam pilihan yang sulit saat ia harus memutuskan apakah akan membunuh ( atau setidaknya menyingkirkan dari sekocinya ) harimau Bengal tersebut, yang berarti dia akan menguasai sepenuhnya sekoci tersebut namun sekaligus membuatnya menjadi benar-benar sendirian dan kemudian putus asa. Atau mebiarkannya hidup dan dia memiliki teman senasib walaupun itu berarti menempatkan dirinya dalam posisi yang berbahaya ( Teman-teman pasti mengerti bagaimana bahayanya berjarak kurang dari 3 meter dari seekor harimau yang kelaparan dan ketakutan oleh habitat yang tidak lazim baginya ). Namun bagi Pi, harimau tersebut merupakan penyelamat hidupnya. Berkat harimau tersebut, Pi tidak sempat berlarut-larut memikirkan keluarganya yang hilang dan kondisinya yang tragis. Pi benci pada harimau tersebut sekaligus berterimakasih padanya. Pi akhirnya memilih alternatif kedua ( Di dalam cerita disebut dengan rencana ke tujuh )
Buku setebal 446 halaman ini selesai aku baca hari Khamis kemarin, 2 hari setelah aku ”temukan”, yang berarti buku ini bukanlah buku yang membosankan. Tidak heran jika kemudian di sampul buku ini tertulis ”Pemenang THE MAN BOOKER PRIZE”, walaupun aku ga tau penghargaan itu nutuk buku yang bagaimana. Tapi bagiku dalam skala bintang 6, nih buku kuberi bintang 5.

Pada tanggal 21 Juni 1977 kapal barang Tsimtsum berlayar dari Madras menuju Canada. Pada tanggal Juli kapal itu tenggelam di Samudra Pasific. Ha satu sekoci berhasil diturunkan membawa penumpang seekor hyena seekor zebra yg kaki patah seekor orang-utan betina seekor harimau Royal Bengal seberat 225 kg & PI - anak lelaki India berusia 16 tahun.Selama lbh dari tujuh bulan sekoci itu terombang-ambing di Samudra Pasific yg biru & ganas. Di Samudra inilah sebagian Kisah Pi berlangsung. Kisah yg luar biasa penuh keajaiban & seperti ucapan salah satu tokoh di dalam kisah ini akan membuat orang percaya pada Tuhan. Kisah Pi - Life of Pi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Ayow Terus Tingkatkan Ilmumu, Jangan Pernah Menyerah, Gali potensimu Untuk mendapatkan Apa yang kamu Mau !!!